Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Proyek RDMP Balikpapan Akan Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Minggu, 30 Desember 2018, 04:45 WIB
Proyek RDMP Balikpapan Akan Tingkatkan Perekonomian Masyarakat
Kilang minyak/Net
rmol news logo Pembangunan Refinery Development Master Plan (RDMP) Balikpapan oleh PT Pertamina yang akan dimulai dalam waktu dekat dinilai berdampak positif bagi peningkatan ekonomi, baik untuk jangka pendek dan panjang.

Menurut Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Balikpapan Suharman Tabrani, pembangunan RDMP Balikpapan diharapkan bisa menjadi pendorong bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat lokal.

"Misal dari aspek keuangan perbankan melalui transaksi dan perputaran dana.  Bahkan, pertumbuhan ekonomi Balikpapan kita prediksi mencapai 4,6 persen pada 2019," katanya.

Suharman menjelaskan, beberapa faktor pendongkrak laju pertumbuhan ekonomi di antaranya adalah puncak pembangunan RDMP RU V, operasional Tol Balikpapan-Samarinda, berlanjutnya proyek pembangunan strategis, peningkatan konsumsi akibat banyaknya proyek strategis tersebut, serta potensi lokal pariwisata dan perkembangan ekonomi kreatif.

"Adanya megaproyek Refinery Development Master Plan Pertamina di tahun ini dapat berkontribusi cukup besar. Banyak sektor yang akan terkena dampak," ujarnya.

RDMP Balikpapan juga diprediksi bisa memulihkan kinerja pembiayaan. Karena seperti diketahui, selama ini penyaluran kredit perbankan di Balikpapan sepanjang tahun lalu dilaporkan tumbuh minus 0,1 persen (yoy).

Lambatnya kinerja tersebut tak lepas dari langkah hati-hati yang diterapkan sejumlah bank karena risiko yang tinggi.

"Pada tahun 2018, peluang untuk memulihkan kinerja pembiayaan mulai muncul, salah satunya dari proyek pengembangan kilang (RDMP) Pertamina," beber Suharman, seperti dikutip Antara, Sabtu (29/12).

Hal senada dinyatakan pengamat ekonomi Universitas Mulawarman Aji Sofyan Effendi. Menurutnya, proyek tersebut akan meningkatkan pendapatan yang berdampak peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Sisi positif lain adalah berkembangnya sektor UMKM seperti warung dan pedagang kecil lain. Sektor tersebut antara lain bisa mem-back up jalur distribusi makanan," ujarnya.

Selain itu, menurut Aji, transaksi perbankan di Balikpapan pun terdongkrak dengan proyek RDMP. Dalam aspek moneter dan perbankan bisa menggerakkan transaksi masyarakat kepada bank, misalnya memperlancar kredit yang semula macet karena mereka memiliki uang cukup.

Sementara, untuk dampak jangka panjang, proyek RDMP bisa memperkuat ketahanan energi nasional. Dampak positif ini juga langsung menyentuh masyarakat karena energi menyangkut hajat hidup orang banyak.

Pembangunan RDMP Pertamina untuk kilang Balikpapan memasuki fase baru, terutama setelah penandatanganan kontrak pelaksanaan rancangan konstruksi (Engineering, Procurement and Construction - EPC) ruang lingkup pembangunan kilang baik Inside Battery Limit (IBL) maupun Outside Battery Limit (OSBL). [ian]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA