Pemerintah Kantongi Komitmen Investasi 10,9 Juta Dolar AS

3 Blok Migas Diminati Investor

Jumat, 28 Desember 2018, 09:19 WIB

Foto/Net

Lelang tahap III 2018 Wilayah Kerja (WK) Eksplorasi minyak dan gas (migas) cukup memuaskan. Dari empat yang ditawarkan pemerintah, tiga di antaranya diminati investor.

Pemenang lelang ketiga WK/Blok tersebut, kemarin, diumumkan Wakil Menteri En­ergi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar. Ke­tiga WK itu yakni, WK South Andaman, WK South Sakake­mang serta WK Maratua. Dan, WK yang tidak diminati yakni Blok Anabas. Dari empat lelang yang ditawarkan pemerintah, 3 WK dilakukan melalui meka­nisme Penawaran Langsung. Dan 1 WK melalui mekanisme Penawaran Langsung yang di­tawarkan khusus kepada PT Pertamina (Persero).

"Saya mengucapkan selamat kepada para pemenang. Ini yang ditunggu-tunggu untuk memberikan kepastian agar libur akhir tahun tenang," ungkap Arcandra di Jakarta.

Dari lelang, lanjut Arcandra, pemerintah mendapatkan komit­men investasi dengan total sebe­sar 10,9 juta dolar AS. Selain itu, mendapatkan bonus tanda tangan­dengan total sebesar 6 juta dolar AS. Menurutnya, semua kontrak kerja sama menggunakan skema gross split (bagi hasil).

Lebih detail, Arcandra men­jelaskan, untuk Blok South Andaman dimenangkan peru­sahaan asal Thailand, Peraloil (Theralite) Ltd. Sedangkan un­tuk Blok South Sakakemang dimenangkan oleh Konsorsium Talisman Java BV dan Mitsui Oil Exploration Ltd asal Jepang.

Blok South Andaman berada di lepas pantai Aceh. Blok ini be­rada di area 3.548,69 kilometer persegi (km2), kedalaman laut 100-1.500 meter.

Cadangan gas bumi di Blok South Andaman sebesar 1.243,37 BCF dan minyak 218,92 MMBO. Komitmen kerja pasti di Blok South Andaman minimal Geologi & Geofisika (G&G) dan seismik tiga dimensi (3D) sepanjang 500 km persegi berupa akuisisi data.

Sementara Blok South Sakakemang memiliki luas area 2.145,11 km2. Blok migas yang berada di daratan Sumatera Selatan ini memiliki cadangan minyak sebesar 106.33 MMBO dan gas 603.91 BCF. Minimal komitmen pasti blok ini terdiri dari G&G dan seismik dua di­mensi (2D) sepanjang 250 km.

Sedangkan Blok Maratua yang berada di darat dan lepas pantai Kalimantan Utara dan Kalimantan Barat memiliki luas area 7,835.07 km2. Cadangan minyak di Blok Maratua sebesar 204.86 MMBO dan gas 890.09 BCF. Bonus tanda tangan untuk Blok Maratua sebesar 2 juta dolar AS. Minimal komitmen pastinya terdiri dari G&G dan seismik 3D 500 km2.

Arcandra menuturkan, dengan adanya investor minati 3 blok tersebut menunjukan bahwa le­lang dengan skema gross split semakin menarik. "Kalau ada yang mengatakan gross splittidak cocok untuk eksplorasi, ternyata hari ini laku tiga," cetusnya.

Dia menambahkan, untuk WK yang belum laku akan kem­bali ditawarkan pada periode penawaran berikutnya.

Direktur Pembinaan Usaha Hulu Migas Kementerian ESDM Mustafid Gunawan memastikan ketiga perusahaan pemenang lelang memenuhi syarat yang ditetapkan pemerintah. "Mereka memenuhi kualifikasi finansial, teknis dan sumber daya manusia dalam menjalankan operasi mi­gas. Serta memiliki rekam jejak yang bagus," tegasnya. ***
Editor:

Kolom Komentar


Video

Lebih Baik Prabowo Mati Daripada Berkhianat

Jumat, 12 Juli 2019
Video

Kemesraan Jokowi-Prabowo Belum Berlalu

Senin, 15 Juli 2019
Video

Futsal 3 X Seminggu Tingkatkan Kecerdasan Otak

Selasa, 16 Juli 2019