Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perum Damri Gandeng Telkom Luncurkan E-Ticketing Menuju Bandara Soekarno-Hatta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 23 November 2018, 18:41 WIB
Perum Damri Gandeng Telkom Luncurkan <i>E-Ticketing</i> Menuju Bandara Soekarno-Hatta
Foto/Telkom
rmol news logo Dalam melaksanakan transformasi digital untuk pelayanan berkualitas prima dan berorientasi kepada pelanggan, Perum Damri bekerja sama dengan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk meluncurkan E-Ticketing Damri Rute Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Pool Damri, Kemayoran, Jakarta.

Peluncuran tiket elektronik dilaksanakan Kamis kemarin (22/11) oleh Direktur Utama Perum Damri Setia N. Milatia Moemin dan Direktur Enterprise and Business Service Telkom Dian Rachmawan sebagai tindak lanjut dari penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) perihal Layanan E-Ticketing Damri Pada Angkutan Bandara yang dilaksanakan pada Juli lalu.

Dirut Perum Damri Setia N. Milatia Moemin mengatakan bahwa sistem tiket elektronik bertujuan agar pelanggan semakin mudah memperoleh tiket bus Damri. Di sisi lain juga dapat meningkatkan kinerja perusahaan.

"Kami berharap agar masyarakat dapat mendukung sepenuhnya sistem tiket elektronik ini. Implementasi sistem tiket elektronik ini dilaksanakan secara bertahap dan dimulai dari layanan angkutan Bandara Soekarno-Hatta untuk titik pemberangkatan dari Kemayoran, Bekasi, Rawamangun, dan Mangga Dua. Pada akhirnya, seluruh rute bandara nanti akan menerapkan sistem e-ticketing," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan menyampaikan, sebagai BUMN di sektor telekomunikasi digital, Telkom Group menyediakan infrastruktur IT dalam pengembangan sistem tiket elektronik tersebut.
 
"Telkom Group mengembangkan mobile apps, web reservation, backend system, bus validator, online payment, serta payment aggregator kartu prepaid untuk menunjang operasional E-ticketing Damri. Untuk mendapatkan ticket prepaid, pengguna dapat membayar dengan uang elektronik berbagai bank, uang elektronik T-money atau menggunakan channel pembayaran internet payment gateway (IPG) seperti TCash," papar Dian.

Adapun, pemanfaatan teknologi tiket elektronik meliputi ticketing system (schedule management, fare management, passenger management, booking management, ticketing with barcode, revenue accounting and reporting), validation system (mobile validator), serta payment system (integrated to ticketing system, dan integrated gateway system). Pemanfaatan teknologi dapat dijadikan salah satu wujud dukungan terhadap program pemerintah yang sudah dicanangkan sebelumnya yaitu Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) untuk mendorong penggunaan transaksi non tunai oleh masyarakat dalam rangka mewujudkan cashless society.

Setia menambahkan, selain mempermudah masyarakat, digitalisasi juga merupakan upaya Perum Damri guna mencapai visi 'Menjadi Perusahaan Transportasi Kelas Dunia yang Handal, Berkinerja Unggul dan Berkelanjutan.'

"Di era digital ini, sinergi BUMN antara Perum Damri dan Telkom menunjukkan komitmen serta konsistensi perusahaan dalam mewujudkan layanan yang melebihi harapan pelanggan melalui sistem pembayaran secara non tunai. Yang memberikan kemudahan layanan dengan tetap menjunjung tinggi aspek perlindungan konsumen, keamanan dan kehandalan," imbuhnya. [wah]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA