Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lima Produk Indonesia Ramaikan Festival Belanja 11.11 Di Tiongkok

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Sabtu, 10 November 2018, 23:49 WIB
Lima Produk Indonesia Ramaikan Festival Belanja 11.11 Di Tiongkok
Djauhari Oratmangun bersama Jack Ma/Net
rmol news logo Festival belanja Singles Day 2018 11.11 menjadi ajang memperkenalkan prodak Indonesia.

Singles Day ini dikenal masyarakat teknologi Tiongkok sebagai hari belanja online terbesar di Tiongkok yang jatuh pada tanggal 11 November.

Menarik, Singles Day tahun 2018 diadakan di tengah kelesuan ekonomi dunia dan hiruk pikuk perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok.

Dalam festival ini, Indonesia merupakan satu-satunya negara di Asia yang ikut dan tergabung bersama lima negara Eropa lainnya yaitu Denmark, Italia, Spanyol, Kanada, dan Inggris.

Adapun lima produk Indonesia yang akan ikut serta dalam festival 11.11 yaitu Kopi Kapal Api, Biskuit Richeese, Kerupuk Udang Papatonk, Indomie Goreng, dan Sarang Burung Walet Yan Ty Ty.

Duta Besar RI untuk Tiongkok merangkap Mongolia, Djauhari Oratmangun menjelaskan dalam mempersiapkan festival tahunan ini, Indonesia bekerjasama dengan Alibaba Group telah melakukan serangkaian promosi menuju 11.11.

Dimulai dengan peluncuran platform (online) Pavilion Indonesia di Tmall yang merupakan salah satu platform belanja online Alibaba pada 19 Oktober lalu.

Kemudian peluncuran platform Pavilion Indonesia (offline) pada Tmall Global di Oriental Pearl Tower di Shanghai pada 2 hingga 6 November, yang bersamaan juga dengan China International Import Expo di Shanghai.

"Dalam acara tersebut Indonesia sebagai country of honor," ujar Djauhari dalam keterangan tertulis, Sabtu (10/11).

Lebih lanjut Djauhari mengatakan keikutsertaan Indonesia pada Singles Day akan memberikan nation branding sehingga produk Indonesia lebih dikenal luas dan dapat memberikan efek terhadap kegiatan ekonomi selain lima prodak yang diperkenalkan.

"Presiden Joko Widodo juga memberikan dukungan melalui video promosi lima merek produk Indonesia yang berpartisipasi dalam Festival 11.11 sekaligus mempromosikan pariwisata Indonesia," ujar Djauhari.

Dalam Singles Day 2018 11.11 lebih dari 100 ribu merek internasional yang ikut serta. Jumlah ini meniningkat dari tahun sebelumnya yakni sekitar 60,000 merek internasional.

Penjualan Singles Day juga melampaui jumlah penjualan festival belanja di Amerika Serikat yang dikenal dengan nama Black Friday dan Cyber Monday pada tahun yang sama.

Black Friday hanya menghasilkan 5 milyar Dollar AS dan Cyber Monday 6.59 milyar Dollar AS, sementara Singles Day 25,38 milyar Dollar AS, dalam satu hari. Tahun 2018 ini, Alibaba mentargetkan penjualan Singles Day sebesar 35 Milyar Dollar AS.

Sejak peluncurannya pertama kali di tahun 2009, Singles Day diikuti oleh semakin banyak retailer dari seluruh dunia. Tahun ke tahun, Alibaba juga mengembangkan promosi dan pengemasan acara ini, termasuk dengan mengundang artis internasional pada malam puncak acara.

Penjualan meliputi barang seperti smartphone, televisi, dan barang-barang konsumen lainnya termasuk terkait fashion, pakaian, mebel, produk kesehatan. Produk lain yang tidak diharapkan tetapi terjual dengan baik adalah kebutuhan sehari-hari seperti tisu toilet dan produk kebersihan. Uniknya, penjualan mobil juga cukup kuat. [nes]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA