Dimensy.id
Apollo Solar Panel

LPEI Berhasil Buka Peluang Ekspor UKM Binaan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Kamis, 01 November 2018, 04:35 WIB
rmol news logo Trade Expo Indonesia (TEI) yang digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD) selama lima hari, mulai tanggal 24 hingga 28 Oktober terbilang sukses.

Sebab, transaksi yang diperoleh dalam event itu diklaim mencapai 8,45 miliar dolar AS atau sekitar Rp 126 triliun.

Ada andil Lembaga Pembayaan Ekspor Indonesia (LPEI) dalam menyukseskan acara tersebut. Ini lantaran LPEI memboyong sebanyak 44 UKM binaannya.

UKM yang diboyong itu telah diberi pelatihan dalam program Coaching Program for New Exporters (CPNE).

"Melalui program CPNE ini, LPEI melakukan pendampingan, pelatihan packaging, bagaimana membuat desain yang baik, bagaimana memasarkan, juga bagaimana meng-handle order. Ini sudah kami lakukan sejak 2015," jelas Direktur Eksekutif LPEI, Sinthya Roesly dalam keterangan tertulisnya, Rabu (31/10).

Upaya LPEI mempertemukan UKM binaan dengan pembeli luar negeri pada acara TEI berbuah hasil yang signifikan. Sejumlah UKM berhasil melakukan kerjasama dengan pembeli luar negeri.

Salah satunya, PT Fahmi Bintang Andalas Bersaudara, yang berhasil menandatangani nota kesepahaman (MoU) ekspor dengan Arabia Intiqaa Trading SDN BHD asal Yaman, senilai 50 ribu dolar AS.

“Nota kesepahaman tersebut menyepakati bahwa PT Fahmi Bintang Andalas Bersaudara akan memproduksi dan mengekspor material bangunan, yaitu Boss Panel dari Indonesia ke Malaysia dan Mesir dengan jangka waktu lima tahun ke depan,” jelas Sinthya.

Direktur PT Fahmi Bintang Andalas Bersaudara, Farid Fahmi mengakui bahwa usahanya semakin terbantu saat mitra binaan LPEI. Program CPNE dari LPEI membuatnya semangat dalam mengarungi pasar global/

"Dengan adanya LPEI, saya bisa bertemu teman-teman UKM lainnya yang menambah semangat saya untuk mengembangkan produk ekspor yang lebih bermutu lagi," kata Farid. [ian]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA