Dimensy.id
Apollo Solar Panel

LPEI Dorong 100 UMKM Memasuki Pasar Global

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Sabtu, 27 Oktober 2018, 07:39 WIB
rmol news logo . Peningkatan kapasitas usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) terus diupayakan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank agar bisa memasuki pasar global.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

LPEI yang didirikan pemerintah melalui UU 2/2009 merupakan lembaga yang bertugas dalam menjalankan program ekspor nasional.

Direktur Eksekutif LPEI, Sinthya Roesly menekankan bahwa kini pihaknya tengah fokus pada penyiapan UMKM yang berorientasi pada ekspor.

Sinthya menjelaskan, ada program Coaching Program for New Exporters (CPNE) dari LPEI yang membantu para pelaku UMKM Indonesia mewujudkan hal itu. Program ini menyiapkan sebanyak mungkin calon-calon eksportir yang handal dan tangguh, baik ekspor secara langsung maupun tidak langsung dan siap bersaing di pasar global.

"Target CPNE tahun ini adalah 100 UMKM yang >GoLive di marketplace global dan CPNE juga menyiapkan banyak pelaku usaha untuk menjadi eksportir. Untuk tahun 2019, LPEI akan menggandakan jumlah UKM yang GoLive sebanyak 200 UKM," terangnya dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Sabtu (27/10).

Saat ini, LPEI turut memfasilitasi UMKM binaan dan nasabah UMKM untuk bertemu dengan calon pembeli di acara Trade Expo Indonesia (TEI) 2018 yang diselenggarakan selama lima hari, yaitu mulai tanggal 24 hingga 28 Oktober di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Banten.

UMKM yang diajak merupakan peserta program CPNE yang telah mendapatkan pelatihan serta pendampingan dari LPEI selama satu tahun ini.

"Tujuannya, untuk mendorong peluang mereka ekspor," jelas Sinthya. [rus]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA