Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemerintah Dukung Upaya Penguatan Daya Saing UMKM

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Rabu, 10 Oktober 2018, 19:26 WIB
rmol news logo Daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menjadi sorotan utama dari Indonesia Eximbank sebagai Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI).

Direktur Eksekutif Indonesia Eximbank, Sinthya Roesly menegaskan bahwa pihaknya tengah fokus pada penciptaan strategi untuk meningkatkan kesiapan para pelaku usaha berorientasi ekspor. Sehingga mereka bisa masuk dalam e-commerce global.

“Salah satu bentuk dukungan Indonesia Eximbank adalah dengan menginisiasi suatu program untuk membantu para pelaku usaha berorientasi ekspor/eksportir, yaitu dengan Digital Handholding Program (DHP). Sehingga pelaku UMKM ekspor Indonesia akan mampu memasarkan, memperluas akses pasar, serta mempromosikan produknya di pasar global,” ujarnya sebagaimana keterangan tertulis yang diterima redaksi, Rabu (10/10).

Pemerintah menyambut baik upaya memperkuat daya saing UMKM tersebut. Apalagi, UMKM akan diarahkan pada e-commerce global.

Wakil Menteri Keuangan Republik Indonesia, Mardiasmo mendukung program Indonesia Eximbank yang mencoba membuka peluang ekonomi dan mempromosikan perdagangan tersebut.

“Kita dapat memberdayakan titik pasar dengan memberikan akses kepada pelaku usaha di Indonesia untuk mengekspor produknya keluar negeri melalui e-commerce global” katanya.

Senada dengan itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia, Rudiantara menjelaskan bahwa peluang UMKM bersaing dengan produk global melalui e-commerce terbuka lebar.

Rudi mengaku pernah bertemu dengan pemilik Alibaba, Jack Ma. Dalam pertemuan itu Jack Ma mengungkapkan bahwa Alibaba dapat membantu Indonesia dalam meningkatkan ekspor ke Tiongkok.

“Salah satu caranya adalah menjual lebih banyak produk Indonesia pada acara ’Single Days’ yang diselenggarakan oleh Alibaba setiap tahun pada 11 November, cara yang sama bisa kita lakukan,” tukasnya. [ian]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA