Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rudiantara Dorong Pelaku UMKM Jual Produk Melalui e-Commerce

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 10 Oktober 2018, 03:51 WIB
Rudiantara Dorong Pelaku UMKM Jual Produk Melalui <i>e-Commerce</i>
Rudiantara/Net
rmol news logo Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bakal mendukung peningkatan ekspor melalui e-Commerce.

Menkominfo Rudiantara menjelaskan dalam mendukung peningkatan ekspor pihaknya akan mendorong pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) untuk memasarkan produk ekspor dari Indonesia ke Tiongkok melalui kerja sama dengan raksasa e-Commerce, Alibaba.

Terlebih peluang tersebut terbuka dengan lebar dengan adanya momen Single Days 11/11 pada bulan depan di Tiongkok.

"Saya sudah minta Kementerian Perdagangan dan Bekraf untuk menyiapkan UMKM yang akan bisa mengikuti Singles' Day," jelas Rudiantara ketika menjadi pembicara kunci dalam Indonesia Eximbank Panel Discussion, The Perfect Time To Enhance Emerging Economies Cooperations On Trade, di Sofitel Hotel, Nusa Dua, Bali, Selasa (9/10).

Seperti halnya Amerika Serikat nemiliki Black Friday dan Cyber Monday untuk membuka perdagangan dengan diskon retail, di China even Singles' Day digunakan Alibaba sebagai wahana untuk mempromosikan diskon pengecer pada platform e-Commerce sejak 2009.

"Retailing online di China diperkirakan akan tumbuh dari 17 persen pada 2017 menjadi 25 persen pada 2020. Alibaba mendominasi lingkup e-Commerce di China dan di banyak bagian Asia yang menyumbang 1/10 dari total penjualan ritel China," ujarnya.

Meski begitu, ia mengaku tantangan bagi UMKM adalah kemampuan untuk menyediakan barang.

"Biasanya volume belanjanya jutaan. Tinggal apakah UMKM kita siap atau tidak," ujarnya. [nes]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA