Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lewat Sidang IMF-Bank Dunia, Indonesia Harus Naik Kelas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 13 September 2018, 00:51 WIB
Lewat Sidang IMF-Bank Dunia, Indonesia Harus Naik Kelas
Christianto Wibisono/RMOL
rmol news logo Pelemahan nilai tukar rupiah yang diakibatkan faktor eksternal memang tidak bisa dihindari oleh bangsa ini. Akibatnya, rupiah sempat melemah hingga tembus angka Rp 15 ribu per dolar AS beberapa waktu lalu.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pengamat ekonomi dari Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI) Christianto Wibisono menjelaskan bahwa faktor eksternal itu hanya bisa diselesaikan jika Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden Tiongkok Xi Jinping berdamai.

"Ya kalau faktor Global di luar kekuasaan kita. Kalau global itu perlu Presiden Donald Trump dan Xi Jinping,” jelasnya di Gado-Gado Boplo, Menteng, Jakarta, Rabu (12/9).

Namun demikian, dia berharap Indonesia bisa memanfaatkan Sidang International Monetary Fund (IMF) dan World Bank (Bank Dunia) yang digelar di Bali pada 9 hingga12 Oktober mendatang.

Dalam forum itu, sambungnya, Indonesia harus punya peranan penting dalam susunan baru strategi perekonomian. Dengan demikian, Indonesia ikut naik kelas dan menjadi negara yang dipandang bisa ikut menyelesaikan krisis global.

"Bisa ikut menentukan arsitektur keuangan global ini yang jarang orang mengerti. Karena dianggapnya sidang ini cuma begini begitu. Ini ada masalah keuangan yang akan dibicarakan di situ bagaimana merombak arsitektur keuangan global," tandasnya. [ian]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA