Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kendalikan Inflasi, BPS Ingatkan Jaga Harga Bahan Pangan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Senin, 03 September 2018, 20:28 WIB
Kendalikan Inflasi, BPS Ingatkan Jaga Harga Bahan Pangan
Ilustrasi/Net
rmol news logo Badan Pusat Statistik mengingatkan pemerintah dapat menjaga harga bahan pangan tidak bergejolak, agar inflasi tetap terkendali hingga bulan Desember mendatang.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Kita ke depan perlu ekstra hati-hati. Di beberapa bulan tertentu ada komoditas yang bergerak agak liar, telur ayam kemarin bermasalah di Juni dan Juli tetapi sekarang sudah mengalami penurunan secara umum," jelas Kepala BPS Suhariyanto dalam jumpa pers di kantornya, Jalan Sutomo, Jakarta, Senin (3/9).

Lanjutnya, terutama mewaspadai kelompok pengeluaran untuk komponen bahan makanan yang mengalami inflasi dari tahun ke tahun, Agustus 2018 terhadap Agustus 2017, sebesar 4,90 persen. Komponen bergejolak atau volatile prices juga perlu diwaspadai karena mengalami inflasi dari tahun ke tahun sebesar 4,97 persen.

"Itu perlu menjadi perhatian supaya kita lebih waspada ke depan. Untuk menjaga agar harga pangan tidak bergejolak sehingga inflasi tetap terkendali hingga Desember 2018," kata Suhariyanto.

Di sisi lain, BPS mencatat perkembangan harga berbagai komoditas pada Agustus 2018 secara umum baik karena terjadi deflasi pertama di tahun ini sebesar 0,05 persen.

Dengan deflasi tersebut, tingkat inflasi tahun kalender periode Januari-Agustus 2018 sebesar 2,13 persen dan Agustus 2018 terhadap Agustus 2017 sebesar 3,20 persen.

"Kalau harga bahan makanan tidak bisa dikendalikan maka bisa inflasi. Pengaruh besarnya memang pada bahan makanan. Deflasi bisa terjadi lagi kalau bisa mengendalikan harga pangan tidak bergejolak," imbuh Suhariyanto. [wah]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA