Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rizal Ramli: BPJS Kesehatan Bisa Diperbaiki

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ruslan-tambak-1'>RUSLAN TAMBAK</a>
LAPORAN: RUSLAN TAMBAK
  • Jumat, 24 Agustus 2018, 15:16 WIB
Rizal Ramli: BPJS Kesehatan Bisa Diperbaiki
Rizal Ramli/Net
rmol news logo . Ekonom senior DR. Rizal Ramli yakin pengelolaan keuangan Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bisa diperbaiki.

Diketahui, beberapa tahun terakhir BPJS Kesehatan mengalami defisit. Pada tahun 2018, defisit diperkirakan mencapai Rp 16 triliun.

RR, Menko Perekonomian era Presiden Gus Dur itu bercerita sedikit tentang awal mula berdirinya BPJS Kesehatan.

Jelas dia, UU BPJS diundangkan pada tahun terakhir Presdien SBY menjabat yaitu 2014. UU itu adalah adalah hasil perjuangan kaum buruh dan para tokoh termasuk dia di dalamnya selama dua tahun.

"Hasil perjuangan serikat pekerja terutama KSPI, Said Iqbal, Rizal Ramli, Rieke dan dua dosen UI, Prof. Hasbullah Thabrany dan Dr. Sulastomo. Kami demonstrasi 200 ribuan orang di depan Istana dan DPR. Gedung DPR nyaris jebol. Barulah UU BPJS goal," kata RR di Jakarta, Jumat (24/8).

Menurut RR, UU BPJS 2014 dimulai dengan pendanaan under-funded, sehingga tidak aneh BPJS hari ini defisit.

Namun, dia percaya pengelolaan keuangan BPJS Kesehatan tetap masih bisa diperbaiki di tengah perekonomian yang tidak baik saat ini.

"Negara-negara seperti Scandinavia memulai Social Security Sistem (sejenis BPJS) tahun 1860-an, saat mereka lebih miskin dibanding Indonesia 2014. Amerika mulai Social Security System tahun 1930, saat ekonomi AS lagi hancur-hancurnya," demikian RR. [rus]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA