Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pejabat BI: Pelemahan Rupiah Terhadap Dolar AS Tidak Separah Negara Lain

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 11 Juli 2018, 21:17 WIB
Pejabat BI: Pelemahan Rupiah Terhadap Dolar AS Tidak Separah Negara Lain
Foto/RMOL
rmol news logo Kepala Departemen Pengelolaan Moneter Bank Indonesia (BI) Nanang Hendarsah menilai pelemahan rupiah terhadap dolar Amerika Serikat tidak separah mata uang negara lain. Catatan BI, untuk Year to Date hingga hari ini, rupiah melemah sebesar 5,3 persen.

Menurutnya, Peso Argentina melemah hingga 30 persen, Real Brasil 17 persen, Lira Turki di atas 10 persen.

"India sampai 7 persen, kita jaga rupiah di 5 persen," ungkap Nanang dalam talkshow "Stabilitas Kurs Ganggu Pertumbuhan Ekonomi" di Hotel Millenium Sirih, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (11/7).

Nanang mengungkapkan, tekanan terberat rupiah terjadi di bulan Mei. Menurutnya, BI senantiasa merespons gejolak rupiah setiap saat untuk memantau pelamahan yang terjadi.

"Saya ingin terus terang. Saat bulan Mei sebelum libur itu luar biasa tekanannya. Respons yang kita lakukan itu jangka pendek. Day to day, minute by minute," ungkapnya.

Saat ini, nilai tukar rupiah melemah terhadap dolar AS dan berada di level Rp14.380. Pelemahan tersebut, terang Nanang, disebabkan sejumlah faktor yang berimbas pada tekanan terhadap rupiah yang cukup besar.

Salah satunya disebabkan oleh kenaikan suku bunga Bank Sentral AS atau The Federal Reserve (The Fed).

"Global menghadapi beberapa episode G7 meeting yang terpecah waktu itu, The Fed menaikkan suku bunga FOMC, European (ECB) juga ada meeting," terangnya.

Kondisi ini diperparah dengan waktu pembayaran dividen yang bertepatan dengan libur panjang. Sehingga seluruh front loading ditarik ke belakang.

"Numpuk di situ. Sehingga kebutuhan akan dolar AS juga meningkat," tuturnya.

Selain Nanang, hadir juga sejumlah narasumber dalam diskusi tersebut. Antara lain, Ekonom Senior INDEF, Faisal Basri, Ketua Komite Perdagangan dan Industri Bahan Baku Farmasi GP Farmasi Indonesia, Vincent Harijanto dan Ekonom UOB, Enrico Tanuwidjaja. [nes]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA