Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menteri Amran: Perusahaan Besar Jangan Main-Main Harga Pangan!

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 06 Juni 2018, 18:53 WIB
Menteri Amran: Perusahaan Besar Jangan Main-Main Harga Pangan<i>!</i>
Amran Sulaiman/Net
rmol news logo Kementerian Pertanian tidak segan-segan menindak oknum yang memainkan harga kebutuhan pangan menjelang Hari Raya Idul Fitri 2018.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengingatkan langkah tegas tersebut sudah dilakukan kepada tujuh perusahaan besar yang sengaja menyimpan bawang putih agar harga naik karena pasokan berkurang.

"Minggu lalu hari Pancasila kami tuntut tujuh perusahaan besar yang sengaja main-mainin harga bawang. Harga impor dari Tiongkok Rp5.500 sampai di Indonesia Rp60 ribu. Saya perintahkan tutup, tidak bisa seperti ini," ujar Amran saat berdiskusi dengan Anggota BPK Rizal Djalil, di gedung A Kementan, Ragunan, Jakarta Selatan, Rabu (6/6).

Amran menjelaskan melonjaknya harga bawang putih sangat menyengsarakan masyarakat. Pasalnya bawang putih merupakan kebutuhan utama dan setiap hari untuk dijadikan bumbu masak.

Menurut Amran, ditutupnya tujuh perusahaan adalah pembelajaran bagi semua pemangku kepentingan agar tidak bermain harga guna mengambil keuntungan semata.

Agar hal serupa tidak terjadi, Kementan akan membuat struktur distribusi penyaluran barang yang baru untuk memastikan barang dari produsen diterima konsumen sesuai dengan harga.

"Kita bentuk struktur pasar yang ada, karena dari situ menentukan harga," tutup Amran. [nes]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA