Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perluas Segmen Bisnis, Bank BJB Tandatangani MoU dengan Al Rajhi Bank

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 17 Mei 2018, 12:27 WIB
Perluas Segmen Bisnis, Bank BJB Tandatangani MoU dengan Al Rajhi Bank
Bank BJB menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan Al Rajhi Banking & Investment Corporation (Malaysia) Berhad yang ditandatangani oleh Direktur Operasional Bank BJB Fermiyanti dan Chief Operating Officer (COO) Al Rajhi Bank Zarir Bin Mohd Rawi bertempat di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta (16/5).
rmol news logo   Sebagai salah satu perbankan yang telah menasional, dan termasuk dalam 12 bank terbesar dari 115  bank di Indonesia. Dimana Bank BJB saat ini telah melengkapi dirinya dengan 2.397 jaringan yang tersebar di  seluruh Indonesia mulai dari Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Bali, hingga  Sulawesi.

Seiring dengan semakin tumbuh dan berkembangnya bisnis perusahaan,  Bank BJB terus melakukan sinergi dan  kerjasama dengan berbagai instansi/lembaga baik dari Pemerintah maupun swasta  untuk memperluas lingkup bisnisnya termasuk kepada segmen bisnis komunitas  mengelola Pilgirm dan Expatriat khususnya dalam hal pengiriman uang. Oleh  karenanya, Bank BJB menandatangani  Nota Kesepahaman (MoU) dengan Al Rajhi  Banking & Investment Corporation (Malaysia) Berhad yang ditandatangani oleh  Direktur Operasional Bank BJB Fermiyanti dan Chief Operating Officer (COO) Al Rajhi Bank Zarir Bin Mohd Rawi bertempat  di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta (16/5). Adapun ruang lingkup  MoU meliputi General Banking Services’s Project.

Melalui kerjasama ini Bank BJB berharap dapat memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah,  khususnya bagi Para Pelancong Spiritual/Religious  Tourism (Pilgrim) dan para pahlawan devisa (Expatriat) dengan memberikan  solusi direct payment ke Kingdom of Saudi Arabia (KSA) yang selama ini dirasakan menjadi  kendala dalam pengelolaannya. Pengelolaan bisnis komunitas Pilgrim dan  Expatriat memiliki potensi yang sangat besar, khususnya di Indonesia. Hal ini  dikarenakan Indonesia memiliki popupasi penduduk terbesar ke-4 di dunia, dimana  85% penduduknya beragama Islam yang berpotensi melaksanakan Haji dan Umroh  sebagai perjalanan spiritual dengan kuota Haji dan Umroh yang terus meningkat  setiap tahunnya (Tahun 2017 sebesar 221.000 jemaah). Kemudian berdasarkan data  dari Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia   (BNP2TKI), Indonesia merupakan negera yang terbanyak dalam menempatkan tenaga  kerjanya di luar negeri, khususnya di wilayah Timur Tengah setelah ASEAN.

Dari model bisnis ini diharapkan dapat  meningkatkan fee based income bagi Bank BJB,  memperluas segmen pasar sesuai captive  market Bank BJB yang potensial  khususnya masyarakat yang akan melakukan   Haji dan Umroh serta Pilgrim, dapat manambah daya saing produk Debit Card Bank BJB yang pada akhirnya hal tersebut akan membawa Bank BJB untuk dapat memberikan pelayanan  terbaiknya bagi nasabah.

 


Sebagai informasi, bank berkode emiten BJBR ini berhasil membuka tahun 2018 dengan  membukukan total aset sebesar 110,8 Triliun Rupiah atau tumbuh 13% year on year (y-o-y). Dimana total laba  bersih mencapai 454 Miliar Rupiah yang didorong dari hasil ekspansi kredit yang  tumbuh sebesar 13,2% y-o-y dengan total kredit yang disalurkan Bank BJB sebesar  71 Triliun Rupiah dan diimbangi dengan kenaikan fee based income 54,3%  y-o-y dan Dana Pihak Ketiga (DPK) tercatat sebesar 87 Triliun Rupiah atau  tumbuh 11,3% y-o-y. Awal bulan Mei 2018 Bank BJB berhasil meraih penghargaan sebagai TOP BUMD, TOP BPD dan TOP  CEO BUMD yang diraih oleh Direktur Utama Bank BJB Ahmad Irfan dimana penghargaan tersebut merupakan apresiasi  tertinggi yang diberikan kepada BUMD di Indonesia yang dinilai berhasil dalam  peningkatan kinerja keuangan dan bisnisnya.


Sekilas Al Rajhi Banking & Investment Corporation

Didirikan pada tahun  1957, Al Rajhi Bank adalah salah satu bank Islam terbesar di dunia dengan total  aset mencapai SAR 184 Miliar (Real Saudi Arabia) atau setara dengan USD $90  Miliar dan memperkerjakan 7.500 karyawan serta memiliki pengalaman lebih dari  50 tahun dalam b idang perbankan dan perdagangan. Al Rajhi Bank juga merupakan  salah satu perusahaan publik dengan saham gabungan terbesar di Arab Saudi yang  menawarkan berbagai layanan perbankan dan investasi dalam prinsip-prinsip  Islam. Jasa Al Rajhi Bank merupakan peringkat ke-2 dari  100 bank syariah dengan aset terbesar versi  Asian Banker. Al Rajhi Bank berhasil membukukan laba bersih tertinggi yaitu  sebesar USD $ 1,47 Miliar dan menjadi satu-satunya bank yang menembus laba  miliaran Dollar AS. Dengan 5 Kantor Cabang di luar Arab Saudi, untuk wilayah  Asia, kerjasama Al Rajhi Bank dilakukan melalui Kantor Cabang Malaysia.

Hakim  Putratama
Senior Vice President
Divisi Corporate Secretary Bank BJB
Menara Bank BJB lantai 7
Jl. Naripan No. 12-14
Bandung 40111
T : 022-4234868, Ext : 7111
F : 022-4206099
www.bankbjb.co.id

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA