Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Penting, Kebijakan Deregulasi Ekonomi Untuk Perkuat Nilai Rupiah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Senin, 12 Maret 2018, 14:55 WIB
Penting, Kebijakan Deregulasi Ekonomi Untuk Perkuat Nilai Rupiah
Juliari P Batubara/Dok
rmol news logo Pemerintah sebaiknya melakukan deregulasi ekonomi dari sisi fiskal untuk memperkuat nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Demikian saran anggota Komisi VI DPR Juliari P Batubara kepada wartawan di Jakarta, Senin (12/3).  

Juliari mencermati penurunan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang melemah belakangan ini, bahkan yang terendah dalam kurun waktu 1,5 tahun.

"Penurunan ini disebabkan dari statement Gubernur Bank Sentral AS (Federal Reserve Chairman) Jerome Powell yang menyatakan bahwa akan ada penaikan suku bunga di Amerika Serikat sebanyak tiga kali di tahun ini," katanya.

Menurutnya, langkah Federal Reserve ini untuk mencegah pertumbuhan ekonomi AS yang terlalu kencang atau biasa disebut overheating.

Juliari juga menjelaskan, hampir semua indikasi makro ekonomi di AS menunjukkan trend yang sangat positif di beberapa bulan terakhir. Sehingga membuat manajer-manajer keuangan dunia banyak yang mengalihkan portfolio-portfolio mereka di emerging markets seperti Indonesia.

"Oleh karena itu, pemerintah Indonesia harus terus melakukan deregulasi ekonomi, khususnya dalam kebijakan fiskal, yang tujuannya agar investasi di Indonesia bisa terus meningkat. Terutama investasi di sektor riil," ujar politisi PDI Perjuangan tersebut.[wid]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA