Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menteri Siti Terima Hibah Mobil Listrik Dari Kemenperin

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Senin, 26 Februari 2018, 14:39 WIB
Menteri Siti Terima Hibah Mobil Listrik Dari Kemenperin
Siti Nurbaya dan Airlangga Hartarto/Kementerian LHK
rmol news logo Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar menyambut baik peluncuran mobil ramah lingkungan, dengan model emisi karbon rendah.

Dua kendaraan bernama Outlander PHEV dan I-Miev, dikeluarkan Mitshubisi Motors Corpotion atau MMC dan PR Mitshubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia ini, sejalan dengan komitmen pemerintah Indonesia dalam mengurangi pemanasan global. Seiring dengan komitmen pemerintah mengurangi emisi Gas Rumah Kaca sebesar 29 persen secara mandiri, dan 41 persen dengan bantuan internasional pada tahun 2030.

"Dari aspek pengendalian perubahan iklim sangat penting karena terkait dengan transportasi dan energi ramah lingkungan. Menurut agenda pengendalian perubahan iklim komitmen menurunkan gas rumah kaca sebesar 2,86 Giga ton Ekuivalen CO2 keseluruhan pada tahun 2030, dan dari sektor energi sebesar 11 persen dan dari sektor industri dan limbah lk 0.48 persen," ujar Siti Nurbaya saat menghadiri peluncuran hibah mobil listrik dari Mitshubishi di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Senin (26/2).

Menurut Siti, dalam perkembangannya nanti untuk energi baru diproyeksikan penurunan emisi sampai dengan 170 juta ton CO2 pada tahun 2030.

"Rencana industri otomotif dengan tenaga listrik sedang disiapkan aturannya dalam bentuk Perpres oleh Menesdm dan Menperin. Dari LHK mendukungnya," tegasnya.

Sementara itu Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto menambahkan, selanjutnya nanti akan ada studi bersama untuk melihat kinerja mobil listrik di lalu lintas Indonesia. Di samping itu melihat respon konsumen, sekaligus sosialisasi kendaraan listrik di Indonesia.

Airlangga berharap agar kerjasama ini mampu mewujudkan kebijakan dan regulasi yang mendukung pengembangan industri otomotif dalam negeri,.

"Tahapan yang telah kami lakukan adalah pengembangan kendaraan bermotor hemat energi dan harga terjangkau. Kemudian dilanjutkan dengan kendaraan hibrid hingga kendaraan listrik," terang Airlangga.

Dalam kesempatan itu, dilakukan penyerahan kendaraan listrik secara simbolis sebanyal 10 kendaraan oleh CEO MMC, Osuma Masuko kepada Memperin Airlangga. Selanjutnya, Memperin menyerahkan secara simbolis kepada masing-masing kementerian. Salah satunya kepada Menteri LHK, Siti Nurbaya.[wid]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA