Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mantan Dirut Telkom Luncurkan Buku Untold Story IPO

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Jumat, 16 Februari 2018, 01:20 WIB
Mantan Dirut Telkom Luncurkan Buku Untold Story IPO
RMOL
rmol news logo Direktur Utama PT Telkom periode 1992-1996 Setyanto P Santosa meluncurkan buku berjudul Untold Story IPO Telkom di NYSE dan BEJ.

Sebuah buku yang mengupas perjalanan bagaimana Telkom bisa go public padahal saat itu kondisi Indonesia menjelang krisis ekonomi.

Setyanto mengatakan, buku itu mengungkapkan pembelajaran yang bisa dipetik dalam mempersiapkan IPO sebuah perusahaan raksasa sebesar Telkom yang harus dilakukan di bawah tekanan kiri kanan. Apalagi saat itu tidak ada benchmark bagaimana sebuah perusahaan bisa dibuat go publik.

"Jadi, buku ini membawa cerita otodidak semua pihak untuk membawa perusahaan raksasa Indonesia Telkom mencatatkan sahamnya di bursa saham terbesar di dunia Wall Street (NYSE)," bebernya saat peluncuran buku di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta, Kamis malam (15/2).

Setyanto menambahkan, buku yang ditulisnya berbeda dengan buku-buku yang membahas pasar modal pada umumnya. Uniknya, selain bercerita melalui fakta, data dan drama yang disusun berdasarkan kronologis juga dibumbui kisah lucu di tengahcerita menegangkan tim Telkom dalam mempersiapkan IPO.

Banyaknya untold story di balik IPO membuat buku tersebut makin enak untuk dibaca dan perlu kiranya menjadi pembelajaran bagi manajemen.

"Bagaimana tim yang berhari-hari tidak pulang karena mempersiapkan IPO. Juga banyak beberapa anggota tim seperti legal counsel yang terpaksa harus menginap di hotel berbulan-bulan untuk mengolah data, sampai ada yang alergi dengan bau hotel," papar Setyanto.

Dalam kesempatan itu, Direkrut Utama Telkom Alex J. Sinaga mengatakan, IPO yang dilakukan sejak 22 tahun lalu menjadi salah satu faktor pendukung Telkom untuk terus berkembang.

"IPO menjadi salah satu momentum penting yang tercatat dengan tinta emas dalam perjalanan sejarah Telkom," ujarnya.

Turut hadir dalam peluncuran buku antara lain Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, mantan Komisaris Telkom Tanri Abeng, Komisaris Independen Astra Internasional Sidharta Utama, dan jajaran direksi Telkom. [wah] 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA