Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Daya Beli Menurun Bukan Penyebab Ritel Turun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 02 November 2017, 00:44 WIB
Daya Beli Menurun Bukan Penyebab Ritel Turun
Foto/Net
rmol news logo Banyaknya gerai ritel yang tutup belum tentu karena melemahnya daya beli masyarakat.

Politisi PDI Perjuangan, Darmadi Durianto menegaskan bahwa untuk membuktikan penyebab tutupnya ritel itu haruslah dibuktikan secara ilmiah.

"Belum bisa disimpulkan secara ilmiah, harus disertai riset behavioral insight yang mendalam," kata Darmadi dalam sebuah diskusi bertajuk 'Sejumlah Retailer Berguguran. Apakah Ini Akhir Dari Industri Ritel Konvensional' di Jakarta, Rabu (1/11).

Dikatakannya pada Triwulan ke-3 tahun ini, dana pihak ketiga tumbuh 11.69 persen, hal tak jauh beda dengan kredit yang juga tumbuh diangka 7.86 persen.

Nah, untuk menyikapi fenomena tersebut, maka menurut Darmadi tidak boleh dilihat hanya dari satu sisi. Melainkan dari semua sisi alias helicopter view.

"Intinya adalah bagaimana melihat suatu hal dari sisi yang lebih general, seperti melihat dari atas helikopter. Konsep ini dipakai agar kita melihat sebuah permasalahan secara sistemik. Observasi dahulu suatu hal secara luas dan menyeluruh," jelasnya.

Lebih lanjut Darmadi menjelaskan ada banyak penyebab tutupnya ritel diantaranya disebabkan, karena ada mismanagement, biaya yang telalu besar, tidak mampu membaca arah bisnis dan tidak mampu menerapkan strategi bisnis yang tepat hingga perubahan perilaku konsumen.

Menurutnya untuk mengetahui lebih jelas soal perilaku konsumen itu, makam harus menggunakan pendekatan atas perilaku ekonomi (behavioral economy). Sebab, turunnya daya beli masyarakat bisa saja karena masyarakat kebanyakan lebih memilih untuk menabung.

"Karena ada muncul persepsi ketakutan  bahwa kehidupan kedepannya akan lebih berat dari saat ini," ujar Bendahara Megawati Institute ini. [nes]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA