Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kata Darmin, Inflasi Selalu Di Bawah 4 Persen Sejak Era Jokowi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Selasa, 17 Oktober 2017, 14:02 WIB
Kata Darmin, Inflasi Selalu Di Bawah 4 Persen Sejak Era Jokowi
Darmin Nasution/Net
rmol news logo Menko Perekonomian Darmin Nasution mengklaim bahwa selama tiga tahun terakhir inflasi Indonesia dapat dikendalikan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Indikasinya antara lain, angka kemiskinan yang menurun, pertumbuhan ekonomi yang stabil, dan ketimpangan pendapatan serta angka pengangguran yang terus menurun.

"Selama tiga tahun terakhir, inflasi selalu di bawah 4 persen," kata Darmin saat memaparkan capaian tiga tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo di Kantor Staf Kepresidenan, Jakarta, Selasa (17/10).

Darmin menjelaskan, laju inflasi pemerintah double digit sejak krisis 1998. Namun begitu, setelah krisis ekonomi selesai, laju inflasi perlahan tapi pasti terus berangsur menurun, hingga pada tiga tahun terakhir pemerintahan Jokowi-JK selalu berada di bawah 4 persen.

Darmin mengakui bahwa pertumbuhan ekonomi sempat mengalami perlambatan, namun demikian hal itu telah berbalik lebih cepat.

"Kita bahkan berharap bergerak ke 5,2 persen. Syukur-syukur bisa lebih sedikit," harapnya.

Faktor penunjang perekonomian Indonesia, kata dia, sudah mulai membaik. Apalagi pembangunan infrastruktur sudah mulai merata di seluruh Indonesia.

"Bila pemerintah bisa terus konsisten (inflasi) di angka 3 persen, lalu 2 persen, plus minus satu, kita bisa sejajar dengan negara maju lainya," tutup Darmin. [ian]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA