Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Soetrisno: Jepang Optimis Industri Indonesia Maju

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 03 Juni 2016, 02:10 WIB
Soetrisno: Jepang Optimis Industri Indonesia Maju
soetrisno bachir/net
rmol news logo Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) bertemu dengan sejumlah pihak mulai dari federasi perusahaan-perusahaan raksasa Negeri Sakura, Keidanren hingga Japan Chamber of Commerce, Japan International Cooperation Agency (JICA) dan mantan Perdana Menteri Yasuo Fukuda.

Pertemuan tersebut terjadi saat para anggota KEIN melakukan lawatan ke Jepang, baru-baru ini. Ketua KEIN Soetrisno Bachir, mengatakan, pihaknya ingin mengoptimalkan kehadiran mereka di Jepang untuk menimba ilmu baru dan membangun kerjasama strategis yang bermanfaat untuk mendorong industrialisasi di Tanah Air.

"Para pengusaha di Keidanren siap memberikan masukan bahkan akan langsung membentuk kelompok kerja bersama KEIN untuk membantu pengembangan industri kita terutama di bidang infrastruktur, industri agro, energi dan UMKM” kata dia dalam surat elektronik yang dikirimkan ke redaksi, Kamis (3/6).

Menurut Soetrisno, JICA menyatakan akan masuk ke Indonesia untuk membantu proses pengembangan infrastruktur, industri perdesaan dan maritim serta pengembangan kualitas SDM.

"Kerjasama dengan JICA ini memiliki sasaran strategis yaitu peningkatan ketahanan pangan dan energi. Dan nanti untuk menindaklanjuti agar pertemuan ini menghasilkan keluaran yang konkret, akan dibentuk tim bersama dalam mengawal eksekusinya” terang Soetrisno.

Dia jelaskan, mantan Perdana Menteri Fukuda, optimis bahwa Indonesia memiliki potensi untuk tumbuh menjadi negara dengan industri yang maju. Fukuda juga membagikan sejumlah pengalamannya ketika merumuskan kebijakan untuk membangun industri berbasis desa.

KEIN akan berada di Jepang hingga akhir pekan ini dan dijadwalkan untuk terus bertemu dengan berbagai pemangku kepentingan bidang industri dan ekonomi di Jepang sepanjang lawatannya. [sam]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA