Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PT KAI Hidupkan Lagi Lokomotif Uap B5112

Gandeng Belanda Buat Restorasi

Selasa, 30 September 2014, 07:52 WIB
PT KAI Hidupkan Lagi Lokomotif Uap B5112
ilustrasi, Lokomotif Uap B5112
rmol news logo PT Kereta Api Indonesia (Per­sero) atau KAI melalui Unit Conservation, Maintenance & Architectur Design, berhasil menghidupkan kem­bali lo­ko­mitif uap (lokouap) pertama B5112 made in tahun 1900. Lokomotif uap ini diberi nama Sun, yang berarti matahari.

Lokuap B5112 merupakan lokomotif uap pertama yang berhasil diretorasi oleh tim res­torasi sehingga saat ini terdapat tiga lokomitif uap yang ber­operasi. Lokomotif tersebut ren­cananya akan dioperasikan di Kota Heritage Solo.

“Lokomotif B5112 ini me­ru­pakan hasil restorasi pertama dari lokomotif yang sudah tidak hi­dup selama 36 tahun. Saat ini, ada 35 lokomotif lainnya yang diharap­kan bisa direstorasi,” terang Executive Vice President Conser­vation, Maintenance & Architec­ture Design PT KAI Ella Ubaidi.

Dia menerangkan, PT KAI akan bekerja sama dengan Be­landa khusus untuk restorasi lo­komotif uap itu. Be­landa yang akan mem­berikan pengetahuan terkait teknis lo­ko­motif uap yang akan direstorasi.

“Mereka (pihak Belanda) sudah menyetujui kerja sama dalam restorasi lokomotif uap. Mereka punya detail teknis dari lokomotif buatan mereka dan memberi pengetahuan bagi pe­laksana restorasi KA uap di Indonesia,” tuturnya.

Direktur Utama PT KAI Ig­nasius Jonan mengatakan, pi­haknya terus mengejar keku­rangan jumlah lokomotif.

Ia mengungkapkan, jumlah lokomotif justru berkurang ke­tika kereta api bertransformasi.

“Dulu, di zaman kolonial Be­landa, lokomotif uap ada sekitar 1.200 unit. Setelah kereta api ber­transformasi menjadi loko­motif diesel, hingga saat ini ada sekitar 500 unit,” kata Jonan.

Jonan menargetkan untuk me­nambah jumlah lokomotif mi­ni­mal bisa menyamai jumlah lo­ko­motif di zaman kolonial Belanda.

“Partisipasi kereta api di ang­kutan darat di pulau yang padat seperti Jawa sangat dibutuh­kan,” cetus Jonan.

Menurut Jonan, PT KAI ber­ko­mitmen terus meningkat­kan per­forma pelayanan dan penye­diaan jasa perkeretaapian.  ***

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA